MISI MEDIA KAMPUS UHO

Profil

PROFIL MISI MEDIA KAMPUS

  1. LATAR BELAKANG

Mart Informasi dan publikasi kampus (MISI MEDIA KAMPUS ) merupakan Judul dari Proyek Perubahan peserta Diklatpi III Angkata XX di LAN Makasar Tahun 2019,

  1. Mart merupakan akronim dari sebuah keunikan judul, sedangkan Mart sesungguhnya  kategori dari bahasa inggris dan merupakan kata benda yang di artikan dengan pasar. Kita mungkin mengenal pasar sebagai tempat membeli kebutuhan pokok, atau adanya transaksi penjual dan pembeli namun sebenarnya pengertian pasar secara luas dapat diartikan lebih dari hal tersebut.  Pengertian pasar secara umum adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan atau alat tukar yang berlaku, dari tangan produsen ke konsumen.
  2. Secara umum, pengertian informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya. Dari definisi tersebut dapat kita pahami bahwa kata “informasi” memiliki arti yang berbeda dengan kata “data”. Data adalah fakta yang masih bersifat mentah atau belum diolah, setelah mengalami proses atau diolah maka data itu bisa menjadi suatu informasi yang bermanfaat, tidak semua data atau fakta dapat diolah menjadi sebuah informasi bagi penerimanya. Jika suatu data yang diolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerimanya, maka hal tersebut belum bisa disebut sebagai sebuah informasi.
  3. Publikasi adalah pendistribusian salinan salinan ataukah rekaman-rekaman mengenai suatu pekerjaan ke pada khalayak publik dengan melibatkan perpindahan kepemilikan atau penyewaan, peminjaman, pegadaian dan sebagainya. Bentuk publikasi bermacam-macam, ada pameran seni, berita rutin dan publikasi lainnya seperti pengumuman, pelatihan singkat, pertemuan, konferensi, lain sebagainya.
  4. Sedangkan Kampus yang dimaksud disini adalah merupakaan sebuah areah perubahanpeserta Diklatpi III, yang menjadai syarat utama untuk menentukan tempat Proyek Perubahan dilakukan.
  • IDENTITAS PROYEK PERUBAHAN
  1. Nama Penggagas                  :  MAULID, S.Sos., M.Si
  2. Jabatan                                 :  Kepala Bagian Umum, Hukum, Tatalaksana dan Humas
Gagasan Perubahan : Optimalisasi Pengelolaan Informasi dan Publikasi Kampus, serta peran Kontributor Berita dalam memberikan Informasi terintegrasi Media Massa dan Portal Misi Media Kampus di Web Universitas Halu Oleo.
Judul Proyek Perubahan : Mart Informasi dan Publikasi Media Kampus          (Misi Media Kampus)
  • DESKRIPSI MISI MEDIA KAMPUS
  • Misi  merupakan singkatan dari  judul Proyek Perubhan yaitu Mart Informasi dan Publikasi Kampus, namun Misi ini mempunyai korelasi dengan singkatan dari judul ini, dimana Proyek perubahan  merupakan suatu ide atau gagasan baru untuk perubahan pola pikir baik jangka pendek, menengah sampai jangka panjang, sedangkan pengertian misi merupakan Cita atau impian sebuah organisasi atau institusi yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
  • Media Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti “perantara” atau “pengantar”, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.
  • Kampus  adalah UHO sebagai produsen untuk menyampaikan data atau fakta kepada Publik.

Jadi Misi Media Kampus dapat disimpulkan sebagai Cita atau impian sebuah organisasi atau institusi, dimana dalam hal ini adalah Kampus Universitas Halu Oleo sebagai produsen, dan kepada masyarakat sebagai konsumen untuk menyampaikan data atau fakta yang telah dikelolah Misi Media Kampus, sehingga menjadi layak untuk di beritakan kepada khalayak publik.